Strategi Saluran Distribusi

Berikut ini 6 macam strategi saluran distribusi menurut pakar keuangan dunia

Selamat malam rekan - rekan sekalian. Kali ini saya berkesempatan untuk membagikan sedikit kajian mengenai apa itu strategi saluran distribusi. Dalam melakukan pemasaran suatu produk atau jasa dibutuhkan sebuah keputusan untuk mempermudah berjalannya fungsi - fungsi sebuah saluran distribusi. Keputusan itu tidak dapat dilakukan dengan optimal tanpa didukung dengan kajian - kajian. Kajian - kajian ini dinamakan strategi. Strategi perlu dilakukan sebagai bagian dari petunjuk - petunjuk untuk mengambil keputusan penting dalam sebuah kegiatan saluran distribusi.

Seorang pakar marketing dunia bernama C. Gleen Walters menegaskan bahwa strategi memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan manajemen sebuah saluran distribusi secara fisik maupun non fisik. C. Gleen Walters mengatakan bahwa strategi saluran distribusi mempunyai definisi sebagai sarana pengembangan strategi yang memiliki tujuan yang sama dan didasarkan pada bermacam keputusan yang saling memiliki keterkaitan satu sama lainnya untuk memindahkan produk dan atau jasa secara fisik maupun non fisik dalam rangka meraih tujuan yang dicita-citakan oleh suatu perusahaan dalam kondisi lingkungan yang tidak pasti sehingga produk dan atau jasa itu dapat sampai ke tangan pemakai atau konsumen pada waktu yang telah ditetapkan, dengan jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan pada tempat yang tepat.
Berikut ini strategi saluran distribusi menurut pakar keuangan dunia
Berikut ini strategi saluran distribusi menurut pakar keuangan dunia
Secara garis besar strategi saluran distribusi dapat dijabarkan menjadi 6 (enam) macam. Strategi saluran distribusi ini dapat digunakan namun disesuaikan dengan kebutuhan. Strategi tersebut yaitu sebagai berikut:

Baca Juga:
Saluran distribusi
Pengertian saluran distribusi
Fungsi saluran distribusi
Macam - macam saluran distribusi
Contoh saluran distribusi
Makalah saluran distribusi


1. Strategi yang didasarkan pada Struktur Saluran Distribusi

Menurut C. Gleen Walters, strategi ini erat kaitannya dengan berapa banyak jumlah perantara (agen/pengecer/suplier) yang digunakan oleh perusahaan untuk mendistribusikan suatu produk atau jasa ke konsumen. Pilihan dari strategi ini adalah kita dapat memilih metode distribusi produk atau jasa langsung ke konsumen atau tidak langsung (melalui perantara). Tujuan dari strategi ini adalah bagaimana jumlah pelanggan dapat dilayani dengan optimal pada waktu yang tepat dengan biaya yang dapat ditekan turun namun perusahaan dapat menjaga/mengendalikan distribusi tersebut. Metode ini pun terbagi menjadi dua yaitu postponement-speculation theory dan goods approach.

2. Strategi Cakupan Distribusi

Strategi ini erat kaitannya dengan berapa banyak jumlah perantara yang ada dalam suatu wilayah. Tujuannya tentu saja untuk melayani pasar dengan biaya yang seminimal mungkin namun mampu menciptakan image yang bagus terhadap produk yang diinginkan. Strategi ini pun dibagi lagi menjadi 3 (tiga) metode yaitu distribusi eksklusif, distribusi intensif dan distribusi selektif.

3. Strategi Distribusi Berganda

Bila kita artikan secara harfiah arti kata berganda adalah memiliki lebih dari satu pola strategi distribusi dan berbeda - beda untuk melayani target segmentasi pelanggan yang ingin dicapai. Tujuannya jelas untuk mencapai akses yang optimal dari setiap segmentasi pelanggan. Strategi distribusi berganda pun dibagi menjadi dua macam yaitu strategi distribusi berganda yang komplementer dan satu lagi yaitu strategi distribusi berganda yang kompetitif.

4. Strategi Modifikasi Saluran Distribusi

Strategi ini digunakan oleh beberapa perusahaan besar untuk mengevaluasi dan atau meninjau ulang apakah pola saluran distribusi yang digunakan sudah sesuai dengan segmen yang ingin digarap. Strategi ini mengubah susunan saluran distribusi pada umumnya agar dapat mengantisipasi apakah terjadi perubahan - perubahan pola lingkungan konsumsi/pasar tertentu.

5. Strategi pengendalian Saluran Distribusi

Strategi ini bertujuan untuk melakukan kontrol terhadap kegiatan yang dilakukan oleh anggota dalam saluran distribusi secara terpusat agar dapat mencapai tujuan bersama. Strategi pengendalian saluran distribusi ini pun dibagi menjadi dua macam yaitu vertical marketing system dan horizontal marketing system.

6. Strategi Manajemen Konflik dalam Saluran Distribusi

Strategi ini memiliki konsep bahwa setiap anggota saluran distribusi harus melakukan kerjasama. Hanya saja strategi ini mampu memicu terjadinya konflik atau perselisihan antar anggota saluran.

Nah demikian ulasan singkat saya tentang strategi saluran distribusi. Smoga artikel ini bermanfaat buat anda. Jangan lupa tekan tombol share yah dan bagikan buat teman - teman anda. Salam sukses selalu.

TAG:
saluran distribusi, pengertian saluran distribusi, macam macam saluran distribusi, contoh saluran distribusi, jenis saluran distribusi, makalah saluran distribusi, strategi saluran distribusi, jenis jenis saluran distribusi, saluran distribusi pemasaran, saluran distribusi jasa, saluran distribusi langsung, pertanyaan tentang saluran distribusi, saluran distribusi pt indofood, alasan perusahaan menggunakan saluran distribusi, jurnal saluran distribusi, contoh saluran distribusi barang industri, saluran distribusi manajemen pemasaran, peranan saluran distribusi, saluran distribusi langsung dan tidak langsung, tujuan saluran distribusi, mengapa perusahaan menggunakan saluran distribusi, bentuk saluran distribusi, saluran distribusi internasional, makalah saluran distribusi pemasaran, definisi saluran distribusi, saluran distribusi intensif, manajemen saluran distribusi, saluran distribusi menurut para ahli, bentuk bentuk saluran distribusi, materi saluran distribusi, saluran distribusi ppt, manajemen pemasaran saluran distribusi.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE