Contoh Saluran Distribusi

Kenali 4 Contoh Saluran Distribusi

Halo berjumpa lagi dengan blog sederhana ini, kali ini saya akan menjelaskan contoh saluran distribusi yang mungkin bisa menambah info kamu dalam memahami saluran distribusi. Untuk menyalurkan barang dari suatu perusahaan agar bisa diterima sampai tangan konsumen maka dibutuhkan saluran distribusi entah itu menggunakan distribusi secara langsung atau tidak langsung. Yang jelas dalam menyalurkan barang ke konsumen ada 4 contoh saluran distribusi.

Sebagian produsen lebih suka memili perantara secara langsung yang mana barangnya langsung disampaikan ke konsumen tanpa pihak lain yang terlibat. Sedangkan ada juga perusahaan yang ingin menyampaikan barangnya dengan lebih dari satu saluran. Contohnya bisa kamu lihat dibawah.

Kenali 5 Contoh Saluran Distribusi
Ini dia contoh saluran distribusi
Nah pada setiap saluran ini memiliki alternative yang sama dan dapat digunakan oleh produsen, untuk lebih jelasnya langsung saja menuju 4 contoh saluran distribusi.

1. Produsen-konsumen

Sebenarnya dalam pembahasan arikel ini sama dengan artikel sebelumnya hanya saja dalam artikel ini lebih rinci lagi. Yang nomor satu merupakan saluran yang paling singkat, jelas dan simple. Biasanya saluran ini digunakan untuk perusahaan yang mampu memproduksi dalam skala kecil, pada saluran ini produsen langsung mengantarkan barang ke konsumen tanpa melalui perantara dari pihak manapun.


2. Produsen-pengecer-konsumen

Berbeda dengan saluran yang nomor satu tadi, bahwa saluran ini bisa dibilang saluran tradisional dan lebih banyak digunakan oleh perusahaan yang mampu memproduksi barang dalam skala besar, sehingga tidak mungkin melayani konsumen yang memesan produknya dalam skala kecil karena hal ini merugikan perusahaan. Oleh karena diperlukan perantara lain yaitu pengecer untuk menyampaikan barang ke konsumen, tapi harganya sudah berbeda yang mana lebih mahal karena ada pihak yang mengambil keuntungan.

Baca Juga:
Saluran distribusi
Pengertian saluran distribusi
Fungsi saluran distribusi
Macam - macam saluran distribusi
Makalah saluran distribusi

3. Produsen-agen-pengecer-konsumen

Disini produsen memilih agen untuk menyalurkan barangnya ke tangan konsumen, kenapa produsen memilih agen dulu? Karena jumlah produksi barang sangat besar sehingga tidak mungkin pengecer biasa membeli jumlah produk dalam skala besar, nah setelah barang diterima oleh agen baru agen menyalurkan barang ke pengecer agar barang sampai jangkau konsumen, tentunya hal ini dapat merubah harga lebih mahal dari harga produsen karena ada 2 perantara yang menginginkan keuntungan.

4. Produsen agen-pedagang besar-pengecer-konsumen

Sistem yang satu ini banyak digunakan oleh perusahaan besar, pada sistem penyaluran yang satu ini produsen memilih agen sebagai penyalur barang utama, setelah itu ada pihak perantara lain yang ikut serta yaitu pedagang besar, nah pedangang besar ini langsung membeli barang hasil produksi ke agan. Agar sampai ke tangan konsumen maka ada pihak ketiga yang ikut serta yaitu pengecer, sehingga dengan adanya hubungan 3 pihak ini maka produk dengan mudah sampai ke tangan konsumen.

Sedangkan untuk menyampaikan barang ke konsumen atau ke salurannya maka diberikan beberapa fungsi yang harus ada, antara lain:
  1. Membeli dan menjual: hal ini untuk mengurangi banyaknya transaksi antara produsen dengan pengguna akhir atau konsumen.
  2. Perakitan produk: produk harus dirakit atau dikemas sedemikian rupa agar tetap aman sampai ke tangan konsumen.
  3. Transportasi: hal ini bertujuan untuk menyampaikan produk kepada konsumen secara cepat sehingga pembeli dan penjual seakan tanpa batas.
  4. Distribusi fisik: hal ini bertujuan untuk memperlancar proses distribusi dari saluran satu ke saluran yang lain sampai ke tangan konsumen.
  5. Penyimpanan barang.
  6. Promosi.
  7. Penetapan harga
  8. Komunikasi dan pelayanan
Demikian contoh - contoh saluran distribusi yang saya tau. Jika berkenan, share artikel ini ke teman - teman anda. Terima kasih.

Tag:
saluran distribusi, pengertian saluran distribusi, macam macam saluran distribusi, contoh saluran distribusi, jenis saluran distribusi, makalah saluran distribusi, strategi saluran distribusi, jenis jenis saluran distribusi, saluran distribusi pemasaran, saluran distribusi jasa, saluran distribusi langsung, pertanyaan tentang saluran distribusi, saluran distribusi pt indofood, alasan perusahaan menggunakan saluran distribusi, jurnal saluran distribusi, contoh saluran distribusi barang industri, saluran distribusi manajemen pemasaran, peranan saluran distribusi, saluran distribusi langsung dan tidak langsung, tujuan saluran distribusi, mengapa perusahaan menggunakan saluran distribusi, bentuk saluran distribusi, saluran distribusi internasional, makalah saluran distribusi pemasaran, definisi saluran distribusi, saluran distribusi intensif, manajemen saluran distribusi, saluran distribusi menurut para ahli, bentuk bentuk saluran distribusi, materi saluran distribusi, saluran distribusi ppt, manajemen pemasaran saluran distribusi.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE