Saluran Distribusi

Kenapa kita membutuhkan saluran distribusi?

Ketemu lagi dengan blog sederhana ini, disini saya akan memberikan info kepada kamu semua tentang saluran distribusi. Mungkin kamu sudah pernah mendengarkannya kata slauran disrtibusi tapi tidak tahu maksudnya apa, nah disini dan pada artikel berikutnya saya akan membahas secara tuntas hal yang mengenai saluran distribusi. Saluran distribusi memiliki arti singkatnya yaitu suatu proses untuk mempertumakan antara barang dan konsumen. Untuk membentuk jaringan distribusi yang baik tidaklah mudah dan butuh proses yang lama untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, jaringan distribusi ang baik adalah jaringan yang dapat mengalahkan pesaing dengan produk-produk unggulan. Nah unggulan dalam bersaing ini akan tercipta karena adanya kerja sama antara organisasi yang terlibat di dalam aktivitas distribusi suatu barang, sehingga kalau kerja samanya baik maka akan menimbulkan kemenangan dalam bersaing antara kelompok distribusi lain.
Kenapa kita membutuhkan saluran distribusi?
Kenapa kita membutuhkan saluran distribusi?
Saluran distribusi yang baik dan luas adalah distribusi yang dapat menjangkau konsumen secara luas dan mempunyai cara lebih untuk memberi manfaat kepada pelanggannya. Nah untuk menyusun setrategi dalam berdistribusi diperlukan strategi yang pas dalam pengelolaannya seperti yang dapat kamu lihat dibawah ini:


  1. Distribusi Intensif adalah distribusi yang menyediakan produk dengan jumlah yang cukup banyak.
  2. Distribusi Eksklusif adalah distribusi yang berhak memberi kesempatan keagenan ekslusif untuk mendistribusikan produknya dalam wilayah mereka sendiri.
  3. Distribusi Selektif adalah distribusi yang menggunakan lebih dari satu tetapi tidak sebanyak dengan semua perantara mau menjual produk perusahaan.


Baca Juga:
Pengertian saluran distribusi
Fungsi saluran distribusi
Macam - macam saluran distribusi
Contoh saluran distribusi
Makalah saluran distribusi

Untuk menuju kesuksesan dalam mendistribusikan sebuah produk harus berani mengambil keputasan. Entah itu memutuskan semua fungsi yang dibutuhkan dan organisasi akan bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi itu, makelar atau perantara akan menawarkan pentingnya biaya dan keunggulan waktu dalam distribusi yang dilakukan secara luas dan produk. Selain itu dalam saluran distribusi harus menentukan harga yang tepat agar tidak sangat murah sehingga merugikan perusahaan atau tidak sangat mahal untuk konsumen pokoknya yang sedang-sedang saja. Oleh karena itu harus menimbangkan harga secara matang.

Untuk proses distribusi produk dan produsen kepada konsumen dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti berikut,


  1. Produsen ke Konsumen. Merupakan saluran distribusi yang dilakukan secara langsung oleh pihak perushaan tanpa menggunakan perantara. Nah distribusi secara langsung ini dapat menyampaikan barangnya atau menjual barangnya ke konsumen dengan jasa pengiriman kilat seperti kantor pos, JNE, Tiki, Wahan dan jasa pengiriman lainnya. Selain itu produsen dapat secara langsung mendatangi rumah konsumen dengan tujuan promosi atau mengantarkan barangnya.
  2. Produsen ke Pengecer. Salah satu cara mendistribusikan barang kepada konsumen dengan melalui dulu ke pengecer baru sampai ke tangan konsumen. Nah dalam ini produsen bisa langsung melayani penjualan dalam skala besar kepada pengecer dan pembelian oleh konsumen dapat dilayani oleh pengecer.
  3. Produsen ke Pedagang besar ke pengecer ke konsumen. Pada cara ini merupakan sebuah cara untuk mendistribusikan barang secara tradisional. Yang mana produsen menjual produknya dalam skala besar kepada pedangang besar, namun tidak melayani penjualan kepada pengecer atau konsumen. Oleh karena itu pengecer harus membeli produk perusahaan itu melalui pedagang besar tad, baru konsumen dapat membeli barang melalui pengecer.
  4. Produsen ke agen ke pengecer dan konsumen. Saluran yang satu ini bahwa agen menjadi penyalur barang atau produk kepada pengecer yang akan diteruskan pada konsumen

Demikian penjelasan singkat mengenai saluran distribusi. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Jika berkenan mohon bagikan artikel ini ke teman - teman anda lainnya. Salam sukses selalu.


Tag:
saluran distribusi, pengertian saluran distribusi, macam macam saluran distribusi, contoh saluran distribusi, jenis saluran distribusi, makalah saluran distribusi, strategi saluran distribusi, jenis jenis saluran distribusi, saluran distribusi pemasaran, saluran distribusi jasa, saluran distribusi langsung, pertanyaan tentang saluran distribusi, saluran distribusi pt indofood, alasan perusahaan menggunakan saluran distribusi, jurnal saluran distribusi, contoh saluran distribusi barang industri, saluran distribusi manajemen pemasaran, peranan saluran distribusi, saluran distribusi langsung dan tidak langsung, tujuan saluran distribusi, mengapa perusahaan menggunakan saluran distribusi, bentuk saluran distribusi, saluran distribusi internasional, makalah saluran distribusi pemasaran, definisi saluran distribusi, saluran distribusi intensif, manajemen saluran distribusi, saluran distribusi menurut para ahli, bentuk bentuk saluran distribusi, materi saluran distribusi, saluran distribusi ppt, manajemen pemasaran saluran distribusi.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE